Bu Nek Tu, Menu Khas Aceh Yang Melegenda

Membaca daftar menu makanan di Moorden Coffee kemarin ada satu menu dengan istilah asing di vocabulary makanan saya, Nasi Bu Nektu namanya. Mengatasi rasa penasaran, pesanlah kami menu tersebut.

Pesanan datang dan terjawablah penasaran kami. Bu Nektu ternyata makanan jaman (legendaris) di Aceh, terdiri dari nasi, telur dadar dengan irisan cabe dan parutan kelapa, cabai hijau, mentimun, emping melinjo. Memang menunya terlihat sederhana. Tapi rasanya menggugah nafsu makan. Penyajiannya khas dilengkapi minyak goreng panas yang dituang di atas cabai hijau dan garam secara terpisah.

Sesampainya di rumah, ngobrolah kami dengan teman yang asli Aceh. Bu Nektu itu katanya nenek buyut atau mbah buyut.

Menu Bu Nektu spesialnya di telur dadarnya, telur dadarnya merupakan campuran dari parutan kelapa, cabai dan asam sunti. Asam sunti sendiri merupakan bumbu khas aceh yang berasal dari belimbing wuluh yang di keringkan dicampur dengan taburan garam sebagai pengawet asam.

Mengapa menu Nasi Bu Nektu spesial karena kenanganya. Salah seorang teman menceritakan saat dulu mau berangkat sekolah menu makannya telur dadar campuran kelapa parutan, asam sunti, dan cabai.

Pembuatannya simpel tidak memerlukan waktu yang lama, menu makanan ini sudah melegenda. Turun temurun, jadilah disebutnya nasi nenek buyut (nasi Bu Nektu).

Selamat memcoba semoga bermanfaat

Moorden Coffee
Jln Teuku Iskandar No 13, Beurawe, Banda Aceh

Harga
Bu Nektu Rp. 10.000

Banda Banana

Pisang adalah satu dari banyak buah yang digemari masyarakat. Pisang biasanya dimakan secara langsung sebagai hidangan penutup makan.

Ada juga pisang goreng yang pas banget dimakan saat bersantai sambil minum kopi.

Sekarang yang lagi trend publik yaitu nugget pisang, kita kenalnya nugget berasal dari ayam atau sapi. Semakin berkembangnya inovasi pasar, diolah lah pisang menjadi nugget.

Nugget p@banda banana salah satu produsen nugget pisang yang beralamat di Jl. Gabus, Bandar Baru, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Kemarin kami datang sore hari ke outletnya ramai orang pesan dari pembeli langaung ataupun secara pesan makanan online. Kebanyakan pembelian dibungkus dibawa pulang. Meskipun pemilik outlet juga menyediakan mini cafe untuk pembeli.

Nugget pisang nya berbagai macam varian layer ada coklat, vanilla, tiramisu, strawberry, cappucino, greentea dan keju susu. Untuk varian topping ada milo, keju, biskuit, almount, cococrunch dan oreo.

Kita pesan 1 lusin isi 12 potong nungget pisangnya. Untuk varian layer dan varian toping pesan campur. Untuk tekstur terasa crunchy, tekstur dalamnya lembut dan kekenyalan yang pas. Nikmat dan lezat, topingnya benar benar meleleh di mulut.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Harga
1 lusin (12 pcs) Rp 30.000
1/2 lusin (6 pcs) Rp 18.000

Belajar Tekad Dari Anak Kecil

Kita selalu mempunyai impian yang ingin kita gapai. Banyak hal yang harus dilakukan agar dapat menggapainya. Tapi apakah selalu fokus dan berusaha dalam menggapainya.

Terkadang kita yang sudah dewasa untuk menggapai satu impian terbentur akan impian yang lainya lagi. Pernahkah merasakan hal yang demikian?

Ada juga yang sudah sesuai jalur dalam menggapai impianya tapi berjalan lambat karena tak ada semangat untuk cepat menggapainya.

Wajiblah kita belajar dengan anak kecil, bagaimana mereka mempunyai tekad yang kuat dalam menggapai impian dan keinginan

Seperti cerita Yahya, anak saya. Satu waktu ingin sekali mempunyai truk angkut sampah. Tiap hari dia bilang ke bundaya, bunda bunda yahya mau truk sampah. Bundanya bertanya dimana, Nak? Yahya dengan jelas menjawab sana sana deket masjid. Di mana toko mainan langganan Yahya memang terletak di belakang Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Sudah bilang seperti itu hampir seminggu, diulang-ulang. Dan puncaknya keinginannya terjadi.

Pagi itu terlihat cerah, rutinitas Yahya kalau pagi main pasir sebelum mandi. Setelah mandi makan dan dia mulai bilang Ayah disana ada truk sampah, “Di mana Nak?” tanya sangat Ayah. “Disana deket masjid”, jawab Yahya.

Setalah makan dia mengajak ayahya ” Yah yuk ke truk sampah”. Yahya menggandeng ayahya keluar rumah, dipikir sang Ayah truk sampah itu ada di depan yang biasa dibuat mainan pasir.

Berlangsunglah dialog keduanya,
Ayah: dimana nak truk sampahnya?
Yahya : disana yah

Yahya terus menggandeng ayahya berjalan mencari truk angkut sampah.

Ayah: Nak di situ ada Bunda dikantor, Yahya gak ikut?
Yahya: enggak yah, truk angkut sampah
Ayah: setelah sampai jalan raya ini belok mana
Yahya: Sini yah kesini
Ayah : benar sini jalanya
Yahya : iya yah sini
Berjalan sudah hampir satu kilometer.
Ayah: yuk minum kelapa muda dulu
Yahya: iya yah.

Dipikir sudah lupa truk angkut sampah ternyata minum separo gelas saja.

Yahya :yuk truk angkut sampah
Ayah : ayuk kemana nih, situ sambil nunjuk jalan

Berjalanlah sekitar 300 meter lagi menemukan ada sapi dan ayunan. Sigaplah sang Ayah mengajak yahya yuk berhenti dulu mainan ayunan sambil melihat sapi dan burung bangu dipinggir sungai.

Setelah menikmati akhirnya mau digendong diajak pulang, dan tertidurlah selama 4 jam, mungkin kecapekan karena jalan jauh tanpa mau digendong.

Lantas apa pelajaran yang dapat kita ambil? Dari sini kita bisa melihat bahwa anak kecil. Mempunyai tekad yang kuat untuk menggapai impianya? Bagaimana dengan kita yang kadang berhenti dan malas untuk melanjutkan?

Semoga bermanfaat

Ayam Geprek D’ja

Siapa yang tidak kenal dengan ayam goreng, merupakan makanan yang disukai bersama dengan sambal saat dihidangkan.

Sekarang yang lagi tren untuk masakan ayam goreng yaitu ayam geprek. Ayam geprek merupakan ayam yang dibumbui dilumuri dengan tepung diatasnya diberi sambal.

Ayam geprek D’ja salah satu favorit ayam geprek yang beralamat  di jalan Gabus No 41 G,  Lampriet,  Banda Aceh.

Menu untuk ayam geprek ada dua varian sambal yaitu sambal ijo dan sambal ori.  Atur sendiri level pedasnya,  level pedas 1-5. Sambal disini tidak menggunakan micin,  sedangkan sambal ori rasa udangnya terasa dan enak banget.

Penyajian ayam geprek D’ja,  ada ayam geprek ditambah dengan terong goreng, mentimun dan kemangi. Rasa ayam geprek bumbunya meresap sampai kedalam,  dan sambalnya menambah nikmat saat menyantap bersama nasi.

Nikmatilah sensasi pedasnya dari level 1-5, jadi datanglah rame rame biar bisa merasakan sambal level 1-5. Urusan harga, pas dikantong cukup dengan Rp 13.000 seporsi ayam geprek.

Selamat mencoba Semoga bermanfaat.

Salero Nasi Kapau Spesial Ayam Pop Garing

Singgah di kota Langsa Provinsi Aceh membuat kita takjub akan tata kota yang tetata rapi. Saat itu kita pulang dari Aceh Tamiang.

Saat dhuhur tiba, kita sholat dan berkeliling melihat kotanya. Temen saya @dimassaputra_1996 berceletuk kok konsep kotanya mirip kota dijawa ya. Obrolan itu berhenti ketika kita menemukan warung makan.

Mampirlah kita di rumah makan Salero nasi kapau spesial ayam pop garing yang beralamat Jln T. M Zein No 1 Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Nasi Kapau merupakan nasi ramas khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, terdiri dari nasi, sambal ada tiga macam (sambal ijo, merah dan kecap) dan gulai sayur nangka tidak menggunakan banyak santan sehingga tidak terlalu kental. Gulai nangka dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Untuk lauknya tinggal memilih, berhubung disini yang spesial ayam pop garing, dipilihlah itu.

Ayam pop garing yaitu ayam yang dibumbui rempah rempah dan ayamnya dibungkus dengan tepung digoreng sampai garing.

Rasa dari nasi kapau dilangsa ini tidak mirip dengan nasi kapau asalnya karena kota langsa banyak warga pendatang. Sedangkan pemilik kedai ini merupakan keturunan juga. Rasa sambalnya jelas berani di adu bikin nambah nasi. Enak nikmat untuk bumbunya. Rasa ayam pop bumbunya meresap sampai kedalam dagingnya.

Selamat mencoba harga nasinya pas dikantong cukup Rp. 10.000

Nikmati Kopi Dengan Gula Aren

Setiap kedai kopi di Aceh biasanya akan menyediakan gula putih dan gula aren di atas meja hidang. Konsumen bisa membubuhkan sendiri sesuai keinginan. Manis seperti apa bisa diatur sesuai selera.

Minum kopi dengan gula aren mengingatkan saya pada cerita orang tua, dulu sebelum banyak beredar gula putih, biasa orang minum kopi dengan menggunakan gula aren.

Gula aren adalah gula yang berasal dari air nira. Di Aceh air nira disebut ie jok mameh, sebagian air nira ini dijual untuk minuman sebagian dijual dalam bentuk gula aren.

Penggunaan gula aren untuk menambah rasa manis biasanya kalau pesan kopi hitam, espresso atau americano. Menambah rasa manis dengan gula putih caranya gula putih di masukkan secukupnya ke dalam kopi lalu diaduk aduk hingga merata dan diminum.

Apakah sama penggunanya?

Ada pilihan baru untuk konsumsi gula aren untuk menambah rasa manis, ambil secukupnya dalam wadah kecil. Minumlah kopinya dahulu habis itu ambil sedikit gula aren masukkan mulut sebagai penawar.

Sedangkan kawan saya @gunx_sundanis mengajarkan inovasi baru kepada saya cara meminumnya ambil gula aren secukupnya pada sendok, masukkan sedikit kopi dalam sendok yang sudah ada gula arenya. Cukup dua tiga kali saja ambil gula arenya, supaya rasa manis gula aren tak mengkhianati rasa khas kopinya, demikian kelakarnya. Bukan seperti lagu yang lagi hits salah apa aku sampai kau tega mengkhianatiku.

Seperti itulah cara kami menikmati kopi hitam dengan gula aren. Kami ingin menyeleraskan dan mengharmonisasikan indera pengecap dengan rasa khas kopi yang pahit
Seperti kehidupan yang harus diselaraskan dengan ibadah dan perasaan

Semoga bermanfaat

Redelong’s Kopi Gayo

Simpang Tiga Redelong merupakan ibu kota Kabupaten Bener meriah. Setelah pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah, tetapi kebanyakan orang mengenal dengan sebutan Redelong.

Redelong’s kopi gayo salah satu kedai kopi di Banda Aceh yang berada di jalan Mr Teuku Muhammad Hasan, Batoh.

Saat kita datang, waitress akan datang untuk memberi daftar menu dan catatan. Bisa kita langsung pesan atau menulis di request menu.

Menu yang tersedia ada Arabica Coffee dan manual brew. Kemarin kita datang kesana mencoba macchiato dan sanger espresso double shot.

Kedai kopi ini cocok untuk melepas penat sore hari sambil menikmati kopi. Dengan suasana nyaman. Penyajian kopinya bisanya dibarengi dengan kue-kue manis ataupun gorengan. Selain itu juga tersedia kopi kemasan yang cocok dijadikan oleh-oleh atau untuk diseduh sendiri di rumah.

Macchiato dan sanger espresso double shot yang kami pesan kemarin ternilai 90 lah, cocok untuk kembali dinikmati.

Bakso Lava

Saat gunung berapi meletus akan mengeluarkan lava. Lava adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi. Yang kita tau lava itu berwarna merah kekuningan karena panas.

Bakso merupakan makanan berbentuk bola yang berasal dari campuran daging dan tepung bersama bumbu rempah rempah. Salah satu makanan Favorit saya, mungkin juga kalian.

Mie kocok Hendris menawarkan menu spesial di hari wekend yaitu bakso lava. Penampilan bakso lava ini sama dengan bakso lainya yang berbeda lebih besar sebesar gengaman dua tangan.

Penyajian bakso lava ditaruh di atas mangkuk piring. Mengapa disebut bakso lava? Saat kita belah bakso lava ini di dalamnya terdapat sambal yang menyerupai lava tumpah ketika dibelah dan pastinya pedas.

Selain itu dalam mangkuk terpisah dihidangkan kuah dengan beberapa butir bakso kecil. Ditaburin bawang merah dan daun seledri.

Bakso lava sangat pas dimakan beramai ramai. Soalnya kalau dimakan sendiri gak akan habis karena dalam skala besar. Selain iti kita bisa mencoba menu lainya agar main barvariasi menunya.

Selamat mencoba.
Mie kocok Bandung Hendris
Jln Al Hidayah, Lamtementim, Banda Aceh
Seporsi Bakso Lava dapat dinikmati cukup dengan harga Rp.50.000