Bu Nek Tu, Menu Khas Aceh Yang Melegenda

Membaca daftar menu makanan di Moorden Coffee kemarin ada satu menu dengan istilah asing di vocabulary makanan saya, Nasi Bu Nektu namanya. Mengatasi rasa penasaran, pesanlah kami menu tersebut.

Pesanan datang dan terjawablah penasaran kami. Bu Nektu ternyata makanan jaman (legendaris) di Aceh, terdiri dari nasi, telur dadar dengan irisan cabe dan parutan kelapa, cabai hijau, mentimun, emping melinjo. Memang menunya terlihat sederhana. Tapi rasanya menggugah nafsu makan. Penyajiannya khas dilengkapi minyak goreng panas yang dituang di atas cabai hijau dan garam secara terpisah.

Sesampainya di rumah, ngobrolah kami dengan teman yang asli Aceh. Bu Nektu itu katanya nenek buyut atau mbah buyut.

Menu Bu Nektu spesialnya di telur dadarnya, telur dadarnya merupakan campuran dari parutan kelapa, cabai dan asam sunti. Asam sunti sendiri merupakan bumbu khas aceh yang berasal dari belimbing wuluh yang di keringkan dicampur dengan taburan garam sebagai pengawet asam.

Mengapa menu Nasi Bu Nektu spesial karena kenanganya. Salah seorang teman menceritakan saat dulu mau berangkat sekolah menu makannya telur dadar campuran kelapa parutan, asam sunti, dan cabai.

Pembuatannya simpel tidak memerlukan waktu yang lama, menu makanan ini sudah melegenda. Turun temurun, jadilah disebutnya nasi nenek buyut (nasi Bu Nektu).

Selamat memcoba semoga bermanfaat

Moorden Coffee
Jln Teuku Iskandar No 13, Beurawe, Banda Aceh

Harga
Bu Nektu Rp. 10.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *