Cara Cepat Memacu Pertumbuhan Anakan Domba /Cempe

Ngawi – Saat ini harga bibitan domba mahal sekali, masih belum lepas sapih saja sudah sekitar Rp 500.000,- untuk anakan jantan, kalau sudah jemoko / lebih besar bisa dipastikan sekitar Rp 1,2 jt lebih seperti dalam video ini nih.

Hal ini memicu peternak penggemukan Domba beralih ke pembibitan, karena keuntungannya yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Riben salah satunya, peternak asli desa Manisharjo kecamatan Ngrambe ini mempunyai Tips dan Trik bagaimana caranya agar cempe bisa cepat tumbuh dengan maksimal

Aspek utamanya ada di kandang, kandang domba dibuat koloni (tanpa penyekat) serta lemprak (beralas langsung ke tanah), untuk tempat pakan hijauan dibuat memanjang agar memudahkan anakan untuk makan.

Sediakan tempat umbaran, agar di siang hari anakan domba/cempe bisa bergerak bebas (exercise) dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Berikan pakan hijau secukupnya untuk membantu perkembangan pencernaan cempe, bisa diberikan pakan seperti ampas tahu atau polar sebagai tambahan.

Pastikan indukan di tali agar tidak memakan makanan cempe saat siang hari.

Jangan lupa mandikan indukan dan cempe secara rutin agar terbebas dari kutu. Kesehatan sangat mendukung proses pertumbuhan cempe.

Semoga informasi ini bermanfaat
Salam ngarit lur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *