Kangkung Kering Primadona Pakan Peternak Kecil

Pakan merupakan komponen yang terpenting dalam usaha peternakan, karena sebagian besar biaya produksi yang dikeluarkan adalah biaya pakan.

Tingginya biaya produksi pakan menjadi sebab peternak harus mencari komposisi pakan yang sesuai dengan kebutuhan ternak sekaligus harga yang paling murah.

Salah satu pakan alternatif yang digunakan peternak dalam skala kecil atau untuk ternakan sekitar sepuluh sampai duapuluh ekor yaitu kangkung kering.

Kangkung kering banyak diproduksi di daerah Lamongan dan Gresik, petani di sana pada musim ketiga menanam kangkung untuk diambil bijinya, rendeng kangkungnya dipakai untuk pakan ternak.

Sekarang hampir sebagian besar daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja dan Bali ada sebagian Kalimantan membeli kangkung dalam jumlah besar sampai beberapa ton. Ada yang dibuat untuk pakan sendiri ada yang dijual kembali kepada peternak.

Kangkung kering biasanya dipakai peternak kecil sebagai pakan tambahan saat tidak bisa merumput atau ngarit. Kangkung kering disukai peternak karena kambing suka dan habis termakan semuanya.

Kangkung kering memudahkan bagi peternak sambilan atau pekerja lain yang menggunakan usaha ternak sebagai pekerjaan sampingan. Cukup membeli per sak habis baru beli lagi dan pemberian ke ternak cukup dua kali saja. Ini digunakan untuk penggemukan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *