Masjid Keucik Leumik

Banda Aceh – Berawal dari santernya masyarakat area Banda Aceh dan sekitar menyoal Masjid Emas nuansa Timur Tengah. Saya pribadi tertarik arus, penasaran juga akhirnya .

Masjid Haji Keuchik Leumiek namanya, masjid yang menggunakan perpaduan gaya serta relief Timur Tengah, Cordova dan Masjid Nabawi tersebut dibangun secara mandiri oleh keluarga Haji Harun putra Keuchik Leumiek .

Haji Harun selain dikenal sebagai seorang pengusaha yang merintis usaha berniaga logam mulia di Aceh (penjual emas), juga berprofesi sebagai wartawan senior serta sejarawan Aceh. Berdasar kesepakatan internal diputuskanlah masjid yang dibangun tersebut dinamakan Ayah Haji Harun yang mana telah merintis perniagaan emas yang terwariskan hingga sekarang .

Nuansa Timur Tengah dari masjid Keuchik Leumiek memang menjadi sorotan dan magnet bagi para wisatawan, khususnya mereka yang hendak berwisata spiritual. Bangunan masjid ini terkategori mewah dan megah, ukurannya yang masuk sedang, efek sentuhan warna emas serta pengelolaannya yang terjaga benar-benar memberikan janji kenyamanan bagi pengunjung .

Di samping pembahasan infrastruktur dari masjid, titik pembelajaran yang langsung saya pilih untuk jadi kesimpulan adalah tentang menjaga niat dan beramal jariyah. Keluarga Haji Harun meski dikejar media untuk ditanyakan estimasi pendanaan hanya memberikan penjelasan agar tidak menanyakan perihal jumlah dana .

Kedua, tentang dedikasi amal jariyah membangun dan memakmurkan masjid. Selain masjid yang telah diresmikan dan dibuka untuk umum pada Februari lalu, keluarga Haji Harun telah mengasuh 100 an santri asuh yang seluruh biayanya ditanggung mandiri oleh pihak Haji Harun sekeluarga .

Semoga beliau senantiasa dalam rahmat dan kita diberikan kemampuan untuk mengikuti upaya amal kebaikan beliau sekeluarga. Aamiin

Link Instagram:

https://www.instagram.com/p/ByNwRpmnDg3/?igshid=1kh8oy5w2k0oo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *