New Normal = Sementara Normal atau Normal Berkelanjutan?

Sekarang lagi banyak pembahasan tentang new normal setelah masa pembatasan sosial berskala besar tapi
tahukah istilah dari “New Normal”?

“New Normal” memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, yaitu “Kenormalan Baru”. menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kenormalan baru yaitu keadaan normal yang baru (belum pernah ada sebelumnya). Sebuah tatanan normal yang baru.

Seperti adanya protokol kesehatan ketika ditempat ramai atau perbelanjaan harus ada jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan lalu di ukur suhunya baru boleh masuk. Jaga jarak secara fisik dengan orang sekitar dan sebagainya.

Akan menjadi sebuah pembiasaan bagi masyarakat beraktivitas dengan protokol demikian, masyarakat diajak pada kebiasaan yang baru dan berbeda dari biasanya. Taat mungkin akan dilakukan oleh beberapa komponen akan protokol yang disiapkan, acuh tak acuh pasti juga bakal ada pada diri masyarakat. Semua kembali pada sikap dan mental individu. Sedangkan resiko sisi medis? Menjadi tanggungjawab bersama apabila protokol semisal yang ditetapkan dilanggar oleh beberapa kalangan.

Terlepas dari bagaimana tingkat ketaatan dari masing-masing individu dalam kehidupan bermasyarakat, pertanyaan yang kemudian berkembang adalah kehidupan new normal seperti ini apakah akan berlangsung terus menerus atau akan kembali normal pada kondisi sebelumnya?

Mari mengambil bagian untuk menentukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *