Nikmati Kopi Dengan Gula Aren

Setiap kedai kopi di Aceh biasanya akan menyediakan gula putih dan gula aren di atas meja hidang. Konsumen bisa membubuhkan sendiri sesuai keinginan. Manis seperti apa bisa diatur sesuai selera.

Minum kopi dengan gula aren mengingatkan saya pada cerita orang tua, dulu sebelum banyak beredar gula putih, biasa orang minum kopi dengan menggunakan gula aren.

Gula aren adalah gula yang berasal dari air nira. Di Aceh air nira disebut ie jok mameh, sebagian air nira ini dijual untuk minuman sebagian dijual dalam bentuk gula aren.

Penggunaan gula aren untuk menambah rasa manis biasanya kalau pesan kopi hitam, espresso atau americano. Menambah rasa manis dengan gula putih caranya gula putih di masukkan secukupnya ke dalam kopi lalu diaduk aduk hingga merata dan diminum.

Apakah sama penggunanya?

Ada pilihan baru untuk konsumsi gula aren untuk menambah rasa manis, ambil secukupnya dalam wadah kecil. Minumlah kopinya dahulu habis itu ambil sedikit gula aren masukkan mulut sebagai penawar.

Sedangkan kawan saya @gunx_sundanis mengajarkan inovasi baru kepada saya cara meminumnya ambil gula aren secukupnya pada sendok, masukkan sedikit kopi dalam sendok yang sudah ada gula arenya. Cukup dua tiga kali saja ambil gula arenya, supaya rasa manis gula aren tak mengkhianati rasa khas kopinya, demikian kelakarnya. Bukan seperti lagu yang lagi hits salah apa aku sampai kau tega mengkhianatiku.

Seperti itulah cara kami menikmati kopi hitam dengan gula aren. Kami ingin menyeleraskan dan mengharmonisasikan indera pengecap dengan rasa khas kopi yang pahit
Seperti kehidupan yang harus diselaraskan dengan ibadah dan perasaan

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *