Pelabuhan Ulee lheue jalur penyebarangan ke sabang

BANDA ACEH – Siapa yang tidak kenal dan terpikat dengan pesona Pulau Sabang? Wisatawan yang hendak berkunjung ke Sabang pastilah akan melalui pelabuhan ini. Ulee Lheue.

Pelabuhan ini juga digunakan sebagai titik berlayar para nelayan. Pematang tepi pelabuhan ramai dikunjungi wisatawan yang datang sepanjang hari. Siang dan semakin ramai di sore hari. Semenjak bencana tsunami 2004 silam, setelah kawasan ini luluh lantah diterjang ombak, kunjungan maksimal pukul 18.30 dan sudah disweeping.

Ulee Lheue secara utama difungsikan sebagai pelabuhan, salah satunya untuk menuju ke Pulau Weh (Sabang).


Pelabuhan Ulee Lheue

Saat kejadian tsunami 2004 lalu, kapal pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) juga bersandar di pelabuhan ule lheue sampai terseret di tengah kota dengan berat mencapai 2600 ton, kapal terseret dan terdampar 5 km ke perkampungan Gampong Punge, Blangcut, Banda Aceh. Itulah bukti kedasyatan tsunami.

Menuju pelabuhan Ule Lheue kita akan dimanjakan jajanan kuliner di sepanjang jalan, sangat pas menikmati senja sore, dikenal dengan sunset indahnya. Jajanan dan minuman ringan hingga berat, banyak pilihan dan siap memanjakan lidah para pemburu kuliner. Selamat menikmati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *