Bisnis kambing sebagai sumber pendapatan utama

Ada beberapa pertanyaan mengenai usaha kambing, salah satunya, apakah usaha kambing bisa menjadi sumber pendapatan utama?

Jawaban saya adalah bisa, namun juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam sekejap bisa berubah. Butuh proses untuk menemukan sampai titik optimal.

Sebelum mencapai usaha kambing menjadi pendapatan utama marilah kita berfikir sejenak sebelum memulai usaha kambing. Niat kita usaha kambing mau menjadi pendapatan utama ataukah hanya sebagai sampingan. Inilah titik awal bermula mencapai sebuah keberhasilan.

Setalah itu kita belajar tentang mind set. Kalau kita memilih mind set petani maka kita akan berfokus tentang produksi semata. Tetapi kalau kita berfikir seperti berbisnis akan mencakup penjualan sekaligus produksi.

Fokus pengembangan usaha kambing, disini ada dua macam pengembangannya berasal dari jualan dahulu ataukah berasal dari produksi dulu. Kalau berasal dari penjualan akan lebih cepat pengembangannya, tetapi kalau dari produksi kita harus sabar menunggu lebih panjang sedikit.

Jalanilah yang sudah ditetapkan dalam usaha kambing. Mau fokus dulu dari produksi ataukah penjualan. Setiap pengembangan usaha ini pastilah akan banyak hambatan. Tetapi kalau kita tekun menjalani setiap periode di evaluasi akan sampai apa yang diharapkan.

Mau ideal membutuhkan waktu, walaupun kita sudah belajar dan sudah mempraktekan seperti yang dicontoh belum tentu hasilnya sama. Saya mengalami waktu membuat pakan fermentasi bahan dan komposisi sama tapi hasil bau fermentasi tak sama, setelah diberikan ke kambing hasil pertumbuhannya juga tak sama.

Jadi selamat belajar dan bersabar. Jalan itu pasti ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *