Perdana, Festival Durian Karanggupito

Pengadaan festival adalah satu euforia tersendiri di waktu sekarang. Terlebih di desa-desa, yang mana sedang maraknya kampanye pelembagaan desa wisata oleh pemerintah daerah dan provinsi.

Karanggupito, Kendal satu desa yang cukup siap menampilkan diri dalam panggung pentas persaingan eksistensi desa wisata. Digawangi oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) didukung oleh pemerintah desa menyulap lahan bekas galian C menjadi lahan subur produktif.

Terdapat di dalam kawasan tersebut kebun jambu merah, area pemancingan dan berjejer rapi pohon durian. Serta tengah direncanakan akan dibangun gardu pandang yang juga difungsikan sebagai tempat selfie.

Potensi lokal itulah yang kemudian menghadirkan inisiatif pokdarwis Hargo Munung Karanggupito untuk menyelenggarakan wisata yang menarik dengan kemasan festival durian.

Mengapa durian yang difestivalkan? Pertimbangannya karena Desa Karanggupito dikenal dengan khasnya buah durian yang pastinya enak tidak ditemukan ditempat lainya, bahkan dikenal sampai kabupaten tetangga.

Uniknya juga, musim durian di Desa Karanggupito ada Bulan November Desember panen, ada yang baru mulai ditali-aman jadi sekitar januari akhir atau februari maka akan panen lagi, hal ini ada ketika iklim yang mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *