Petani bisa kaya asal pakai manajemen Pegawai

Petani mengidamidamkan anaknya untuk menjadi pegawai agar kelak hidupnya lebih baik dari orang tua. Bukan hanya pegawai negeri saja loh, banyak anak yang didesa merantau bekerja di kota menjadi pegawai swasta katanya duitnya lebih banyak daripada jadi petani.

Orang bilang petani itu rekoso berat tapi uange dikit, kalau pegawai itu gak berat uangnya banyak

Benarkah begitu? Belum tentu juga. Kalau dihitung hitung secara matematika sebenarnya lebih berat pegawai ketimbang petani kalau zaman modern sekarang. Kemajuan teknologi telah merubah pemikiran petani. Kita lupa sebenarnya teknologi itu membantu meringankan tugas petani saja loh. Ingat meringankan ini saya ulang biar kita sepaham dulu.

Jadi mari kita lihat kenapa pegawai bisa lebih unggul dari pada petani. Ada dua hal yang paling memdasar. Pertama saat bekerja kalau pegawai sehari 8 jam sedangkan petani dalam sehari hanya 6 jam saja. Libur pegawai kita maksimalkan wekend libur sehingga selama 4 bulan hanya 32 hari sedangkan petani selama 4 bulan liburnya sekitar 2 bulan.

Kedua manajemen finansial, pegawai memperoleh penghasilan sebulan sekali, saat gajian langsung direncanakan keuangannya sehingga bisa cukup selama sebulan. Sedangkan petani memperoleh pendapatan empat bulan sekali. Tetapi setelah itu jarang sekali direncanakan keuangannya sehingga kadang tidak cukup selama empat bulan.

Jadi kalau petani ingin menjadi kaya layaknya pegawai haruslah belajar dari pegawai. Meningkatkan produktivitas bekerja dan manajemen finansial.

Mari kembali jadi petani

Terbuka untuk berdiskusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *