Kemerdekan Kreativitas Generasi Milenial dalam Pengembangan Industri 4.0

Diksi ‘merdeka’ adalah kata yang terucap ketika kita memperingati hari kemerdekaan setiap tanggal tujuh belas Agustus, di setiap tahunnya. Di mana merdeka didefinisikan sebagai bebas dari segala bentuk penjajahan, penindasan, kezaliman, keterbelakangan dan pembodohan. 

Pada tahun 2019 ini, bangsa indonesia memperingati hari kemerdekaan yang ke 74 tahun dengan mengambil tema ” SDM Unggul Indonesia Maju ” diharapkan dapat menjadikan motivasi bagi masyarakat Indonesia untuk lebih maju dalam berbagai aspek kehidupan dan bijaksana dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin moderen

Generasi millennial adalah generasi pertama yang tumbuh dengan Internet dan memiliki akses yang mudah terhadap informasi yang bisa didapat hanya dengan gadget. Dengan itulah, generasi ini mengembangkan keinginan dan target tinggi untuk belajar dan berkembang lebih cepat dari generasi sebelumnya, termasuk di dalamnya dalam hal kreativitas.

Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu.

Sebenarnya disinilah potensi besar dimiliki oleh bangsa, sumber daya alam melimpah ditambah bonus demografi sumber daya manusia pengabungan dalam industri kreatif.

Kita menunggu apakah kemerdekaan ini hanya sebatas kata merdeka ataukah akan menjadi kenyataan kemerdekaan yang hakiki dalam hal ekonomi. Selamat merdeka dan memerdekakan kreativitas wahai generasi milenial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *