Macchiato Vanilla

Sebelumnya kami sudah pernah membeli dan minum kopi varian Macchiato. Hanya saja, oleh waitress sebelumnya kami diberikan penjelasan bahwa macchiato itu adalah perpaduan dari susu dan kopi espresso.

Saat kita membeli Piccolo latte kita juga dijelaskan kalau macchiato lebih banyak susunya. Memang perpaduan susu dan kopi espresso ini memiliki berbagai macam namanya tergantung dari komposisi dan prosentase keduanya.

Akhirnya kemarin kita mencoba di kedai kopi @redelongcoffee , disana ada menu macchiato akhirnya kami pesanlah macchiato lagi.

Saat sampai di barista, kami ngobrol bertanya tentang macchiato lebih banyak. Menurut penjelasan baristanya “Macchiato yang biasa agak susah dibentuk berlapis-lapis bagus seperti gambar”, akhirnya direkomendasikan lah kami memesan Macchiato Vanila.

Sembari membuat macchiato vanila, baristanya menambahkan penjelasan. Mulai jenis susu UHT yang digunakan untuk membuat macchiato dan sebagainya. Tahapan pembuatan yang pertama yang dimasukkan ke dalam gelas kaca adalah sirup vanila. Selanjutnya susu UHT disteam (dipanaskan) terus dimasukkan ke dalam gelas. Ketiga membuat kopi espresso, espresso selanjutnya dimasukkan kedalam gelas secara perlahan dan ditahan menggunakan sendok kecil. Lapis terakhir yaitu foam terbuat dari susu dipanaskan diaduk diambil buihnya, jadi deh macchiatonya. Diatas sendiri ditaburi karamel atau coklat untuk mempercantik penampilan.

Akhirnya kita bisa melihat penampilan cantik dari macchiato yang berlapis lapis sirup vanilla, susu steam, espresso, foam, karamel.

Terkait rasa macchiato lebih dominan susu dan sirup, sedangkan espressonya memberikan rasa kopi dan aromanya sehingga di perut lebih soft bagi yang tidak terlalu suka kopi.

Semoga informasi ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *