Perawatan Kambing Qurban

Memastikan kambing dalam kondisi sehat saat penyembelihan waktu hari raya Idul Adha itu kewajiban peternak maupun calon pequrban. Apa itu mudah? Ya gampang ya susah, maka diperlukan perlakuan khusus. Kesehatan kambing yang terjaga maka kambing akan rileks dan gemuk saat dipotong.

Perawatan kambing qurban di antaranya sebagai berikut:

  1. Memandikan
    Kambing harus dimandikan agar kebersihan dan kesegaran terjaga, kutu di bulu kambing tidak ada yang akan berefek pada kesehatan kambing dan selera makan.
  2. Pakan yang terjamin
    Pemberian pakan harus optimal bukan hanya pakan hijauan tetapi konsentrat untuk menambah nilai gizi agar tetap gemuk serta menghasilkan banyak daging saat di sembelih.
  3. Pemberian vitamin dan mineral
    Tambahan mineral dan vitamin sangat diperlukan untuk kambing. Kandungan dari pakan hijauan masih belum mampu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang ternak. Sehingga harus ada tambahan agar diperoleh kualitas kambing yang maksimal.
  4. Kebersihan kandang
    Kandang ibarat rumah bagi manusia, kebersihannya akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup penghuninya di dalamnya. Termasuk kebersihan kandang bagi kambing. Kandang sejenis panggung dibersihkan dengan disapu pagi dan sore, membersihkan kandang dari pakan yang berserakan, pemberian dolomit pada kotoran kambing agar tak tidak menghasilkan bau. Dan kotoran hewan dikeluarkan setiap sebulan sekali.

Semoga bermanfaat

Suke Pangon
(Suke Pangon Farm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *