Tips Memilih Kambing Qurban

Kebutuhan kambing saat menjelang Qurban akan mengalami pelonjakan, biasanya sebulan mendekati hari H pasar sudah mulai ramai pembeli sehingga hargapun ikut naik. Kadang ada kambing yang dibawa dari peternak ke pasar, atau kadang beli kambing dari pasar satu dijual kepasar lain.

Lantas bagaimana memilih kambing Qurban agar sesuai syariat dan memuaskan sehingga hati merasa cocok dan tidak khawatir karena keliru? Berikut tipsnya :

  1. Kondisi Kambing Sehat
    Ciri kambing yang sehat di antaranya memiliki bulu terlihat bersih dan mengkilat, mata tidak berair, cek jalan kambing dan lihat selera pakan.
  2. Tidak cacat
    Kambing saat dicek jalan, harus sedikit jeli memperhatikan kaki tidak melengkung, buah zakarnya genap dua, telinga sempurna (tidak terpotong)
  3. Cukup Umur
    Kambing haruslah berumur 12 bulan (1 tahun), bisa dilihat dari gigi poel sepasang, kalau kambing persilangan poel bisa mencapai umur 15 bulan.
  4. Gemuk
    Kambing gemuk bisa dilihat dari leher (leher sudah berkerut dan bergelambir). Pegang kanan kiri lulur atau punggung kambing, kambing yang gemuk biasanya tulang rusuk tidak tampak karena tertutup daging serta di bagian perut jika dipegang tidak mengempis.
  5. Tempat Pembelian Bersih
    Pilihlah tempat membeli kambing di tempat yang bersih tidak dekat sampah atau berbau, agar kambing terhindar dari kondisi stres.

Semoga dengan tips pemilihan bisa lebih memudahkan dalam memilih hewan qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *