Peternak Pemula, pilih usaha ternak kambing pembibitan atau Penggemukan

Ternak kambing menjadi salah satu usaha ternak yang paling menggiurkan.  Mulai dari pensiunan,  karyawan PHK ataupun yang masih bekerja dikantoran.

Ternak kambing menjadi begitu prospek karena semakin tingginya kesadaran orang muslim untuk melaksanakan Aqiqah dan Kurban saat idul adha.

Bagi peternak pemula pastinya sebelum memulai usaha ternak kambing tentunya banyak yang perlu di persiapan agar hasil usahanya bisa maksimal dan menguntungkan.

Bagi peternak pemula akan kebingungan untuk memilih mau usaha pembibitan atau Penggemukan. Hal apa saja yang menjadi pertimbangan.

Pertama adalah pasar.  Pasar disini adalah kita mempunyai relasi yang membutuhkan bibit ternak ataukah ternak siap potong. Pasar yang sudah tersedia ini yang akan memudahkan kita memilih pembibitan ataukah penggemukan.

Kedua adalah modal seberapa banyak uang yang dimiliki. Awal usaha ternak kambing membutuhkan kandang,  bibit ternak dan pakan merupakan pengeluaran tinggi.

Ketiga  adalah kandang. Ini berkaitan dengan seberapa lahan yang dimiliki untuk pembuatan kandang dan lahan untuk hijauan pakan. Pembuatan kandang lebih hemat biaya pembibitan karena sekatnya tidak banyak seperti penggemukan.

Keempat adalah pakan. Seberapa luas pakan hijauan yang ditanami untuk mencukupi kebutuhan ternak kambing.  Kalaupun bukan hijauan pakan kering yang disiapkan. Usaha pembibitan tidak memerlukan biaya yang mahal karena yanh diperlukan lebih banyak hijauan sehingga pakan konsentrat tidak banyak.

Keempat adalah bibit kambingnya. Usaha ternak kambing pembibitan membutuhkan bibit kambing yang siap untuk kawin,  sedangkan untuk penggemukan membutuhkan bibit yang minimal lepas sapih ataukah yang sudah jemoko.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa saling tukar pengalaman.
Salam ngarit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *