Work From Home dan Grafik Kenaikan Berat Badan

Kebijakan pemerintah dalam penanganan dan pencegahan penularan virus corona adalah work from home serta masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak sosial (social distancing).

Sebagai pekerja/pegawai yang harus merantau kami memiliki latar belakang beragam. Ada yang sudah berkeluarga, ada juga yang belum berkeluarga. Pilihan sikapnya juga beragam, termasuk atas makan, mereka yang telah berkeluarga kebanyakan masak sendiri biar lebih higienis dan mengurangi paparan dunia luar, sedang yang belum berkeluarga meski dengan terpaksa tetap harus cari makan di luar.

Mengurangi paparan dunia luar, kelompok lajang ini ada yang memutuskan makan penggabungan (pagi-siang jadi sepaket) atau kadang yang malam. Bisa semacam sarana untuk menjaga makan dan diet bagi beberapa orang. Godaan untuk yang masak sendiri, karena jarang keluar, bisa jadi lebih banyak masak dan lebih sering makan. Ancaman berat badan naik semakin besar.

Diam terus di rumah adalah sesuatu yang berbeda. Dan pastinya menimbulkan ketidaknyamanan di rumah terus merasa boring/jenuh. Ketika pekerjaan utamanya selesai biasanya bisa ngobrol dengan teman, nongkrong santai di warung kopi atau sekedar berkelakar dengan teman-teman, meski hanya di gazebo kompleks. Sekarang? hanya berdiam diri mungkin pegang hp atau nonton TV yang seluruhnya fokus dalam rumah.

Kondisi seperti tersebut, bagi seorang oportunis dan yang tidak tahan dengan sepi dan kemonotonan seringnya disiasati. Ada yang pilih keputusan olahraga secara rutin, baca buku banyak-banyak atau menekuni hobi lebih giat lagi. Ada juga yang ngemilnya lebih semangat lagi.

Bagi kami yang berada di komplek bisa berolah raga joging dan disaat seperti ini malah semakin rutin joging setelah itu berjemur di sinar matahari yang bilangnya menjadi sumber D3 yang mampu menguatkan kekebalan tubuh kita.

Pas kembali ke rumah masing masing apakah porsi makan dan camilan meningkat ataukah malah berkurang, ya balik lagi itu adalah godaan. Secara psikologis sudah bermasalah. Sebagian yang beraliran introvet mungkin gak terlalu berpengaruh tetapi yang ekstrovet akan mengalami tekanan keadaan berlebih. Ga ada ruang cukup untuk beraktualisasi.

Intinya, WFH adalah kebijakan yang tepat sekaligus godaan yang berat. Godaan untuk menjaga pola makan dan asupan yang dimakan. Grafik Kenaikan Berat Badan terancam naik tak tertahankan.

Selamat bergembira dan berbahagia dalam kondisi ketidaknyamanan dan tetap dirumah. Sekarang saatnya berjuang demi negara dari rumah, tetap jaga kesehatan

Salam dari kaum rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *